iden

Mahasiswa Pascasarjana S3 Ilmu Manajemen Universitas Pakuan Lakukan Site Visit ke Kasepuhan Ciptagelar Sukabumi

Dosen dan mahasiswa Program Doktor Ilmu Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan Bogor melaksanakan kegiatan site visit di Kasepuhan Ciptagelar, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (17/12/2023)

Kegiatan dengan tema Menggali dan Membangun Keunggulan Kompetitif melalui Kearifan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Universitas Pakuan Bogor untuk mendorong pemanfaatan kearifan lokal dalam membangun keunggulan kompetitif. 

Kegiatan yang dipimpin oleh Prof. Dr. Hari Gursida ini melibatkan sejumlah dosen antara lain Dr. Hari Muharam dan Dr .Agus Setyo Pranowo. Sedangkan mahasiswa yang terlibat antara lain Enok Tuti Alawiyah, Isnurrini Hidayat Susilowati, Wiwik Widiyanti, Ramon Hurdawaty, Hammad, Daryono, Endi Suyatno, Mohamad Ramdan, Wachid Hasyim, Yandi Asmana, dan Herlin Widasiwi S.

“Kami sangat senang bisa berkontribusi dalam upaya membangun keunggulan kompetitif masyarakat Kasepuhan Ciptagelar melalui kearifan lokal mereka,” kata Ini adalah kesempatan yang luar biasa bagi kami untuk belajar dari kearifan lokal dan mengintegrasikannya ke dalam pendekatan manajemen modern,” kata Hari Gursida.

Hari Muharam menambahkan, dengan menggali dan membangun kearifan lokal, pihaknya dapat menciptakan solusi yang berkelanjutan dan relevan untuk tantangan masa depan.

“Kami percaya bahwa kearifan lokal adalah sumber daya yang sangat berharga yang seringkali terlupakan. Dengan memanfaatkan kearifan lokal, kita dapat menciptakan solusi yang lebih berkelanjutan dan relevan untuk tantangan masa depan,” tuturnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini juga menunjukkan komitmen Universitas Pakuan Bogor untuk mendorong penelitian dan pendidikan yang berfokus pada keberlanjutan dan pengembangan masyarakat. “Kami berkomitmen untuk membantu masyarakat kami menghadapi tantangan masa depan dengan cara yang berkelanjutan dan inklusif,” tegasnya.

Kegiatan yang dilakukan adalah tinjauan lapangan terkait Kasepuhan Ciptagelar yang berada pada wilayah yang cukup jauh namun memiliki semangat kemandirian yang tinggi.

“Kami memberikan beberapa masukan untuk peningkatan Kasepuhan secara eksponen. Salah satunya adalah usulan untuk menginisiasi pembangunan akses jalan yang lebih layak agar lebih mempermudah akses menuju wilayah kasepuhan. Akses ini akan kami upayakan untuk bisa difasilitasi oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat demi perkembangan Kasepuhan dan masyarakatnya,” tambah Hari.

Sesepuh di Kasepuhan l Ciptagelar Suhandi mengatakan sangat berterima kasih atas kegiatan ini. “Ini sangat bermanfaat bagi kami dan generasi mendatang. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi model untuk pengembangan masyarakat lainnya,” katanya.

 

Sumber : Berita ini telah tayang di https://kampus.republika.co.id/news/1623611555/mahasiswa-pascasarjana-s3-ilmu-manajemen-universitas-pakuan-lakukan-site-visit-ke-kasepuhan-ciptagelar-sukabumi  

© S3 ILMU MANAJEMEN SEKOLAH PASCASARJANA - UNPAK
Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Kode Pos : 16143 | Telp: +62 251 8312 206